Sunday, June 9, 2013

Ingin Langsing ? Ikuti Cara Ini Yuk !


Namun yang pasti kandungan kalori pada lemak menempati urutan tertinggi yakni 9 kalori/gram lemak. Sedangkan karbohidrat dan protein memiliki jumlah kandungan yang sama yakni, 4 kalori/ gram.

Itulah sebabnya dalam setiap metode diet dianjurkan untuk membatasi asupan dan meningkatkan pembakaran kalori, karena kelebihan kalori dapat mengakibatkan timbunan lemak dan bertambahnya berat badan.

Nah, berikut ini 8 cara efektif yang bisa Anda coba untuk meningkatkan pembakaran kalori tubuh.

Tingkatkan Massa Otot
Beberapa studi menyebutkan bahwa orang yang memiliki massa otot lebih banyak memiliki kemampuan membakar kalori lebih banyak pula, bahkan saat orang tersebut sedang tidur. Meningkatkan massa otot adalah cara yang cukup efektif untuk meningkatkan pembakaran kalori. Lantas bagaimana cara menambah massa otot? Cobalah latihan beban.

Interval Training
Interval training adalah latihan dengan dorongan aktivitas yang intens. Contoh sederhananya adalah jogging selama 60 detik, kemudian melakukan sprint selama 15 detik, jogging lagi 60 detik, kemudian sprint 15 detik, begitu seterusnya hingga 10-15 menit. Jika tubuh Anda mulai beradaptasi, tambahkan durasi latihan secara bertahap. Selain singkat, metode ini cukup efektif untuk meningkatkan pembakaran kalori tubuh Anda.

Tetap Terhidrasi
Tubuh membutuhkan air untuk memproses kalori. Jaga diri Anda tetap terhidrasi, karena dehidrasi akan memperlambat metabolisme Anda. Minum minimal 7-8 gelas air sehari agar proses pembakaran kalori lebih optimal.

Tambahkan Minuman Dingin
Minuman dingin membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak selama proses pencernaan. Namun pastikan Anda tidak menambahkan gula ke dalam minuman dingin tersebut. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman dingin 5 atau 6 gelas air sehari dapat membantu membakar 10 kalori ekstra per hari.

Makan Lebih Sering
Makan lebih sering dengan menyertakan snack di antara waktu makan utama akan membantu Anda menurunkan berat badan. Membagi makan 5-6 kali dalam porsi kecil akan membuat metabolisme Anda stabil, sehingga pembakaran kalori menjadi lebih sempurna.

Perbanyak Asupan Protein
Tubuh membakar kalori 2 kali lebih banyak saat mencerna protein dibandingkan saat mencerna karbohidrat dan lemak. Kurangi asupan karbohidrat dan lemak, tingkatkan konsumsi makanan tinggi protein dalam diet sehat Anda untuk meningkatkan metabolisme.

Belanja di Pasar
Berjalan sambil mendorong kereta belanja selama satu jam di supermarket atau di pasar tradisional kurang lebih membakar hingga 250 kalori. Dan mungkin cara ini bisa menjadi cara paling menyenangkan bagi sebagian besar wanita.

Hindari Diet Ekstrim
Diet yang dimaksud adalah mengasup kurang dari 1000 kalori per hari. Diet rendah kalori memang dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi memangkas kalori secara besar-besaran juga dapat mengganggu kesehatan dan pembakaran kalori itu sendiri.

No comments:

Post a Comment