Sunday, May 5, 2013

Manfaat Daun Kemangi Untuk Wajah




Memiliki kulit yang berminyak terkadang mengganggu penampilan. Terlebih jika jerawat sulit kompromi, dan kerap muncul kapan saja. Hal ini pasti menjadi masalah besar, terutama bagi wanita. Adanya jerawat di muka, bisa membuat tingkat percaya diri sebagian orang menurun, dan jika ini terjadi, otomatis bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.
Tapi, masalah pada kulit ternyata bukan hanya jerawat. Butiran kecil komedo pun kerap dipermasalahkan. Walaupun bentuknya hanya kecil, dan bahkan tidak terlihat jelas, namun adanya komedo dianggap merusak penampilan. Banyak orang yang tidak mengetahui, apa itu komedo? Bagimana ia tiba-tiba menghiasi hidung atau bagian wajah lain dan faktor apa yang membuat komedo timbul?

Komedo = Kotoran Wajah

Sering berpergian dengan make up, namun jarang membersihkan muka? Bisa jadi ini yang menyebabkan komedo muncul. Komedo adalah kotoran wajah, yang menyumbat pori-pori muka dan berbentuk sangat kecil. Komedo yang umum terlihat adalah yang berwarna hitam atau putih. Biasanya komedo akan muncul pada bagian T (Dahi, Hidung, dagu). Pada beberapa orang komedo ada di bagian bawah mata.Tumpukan minyak yang berlebihan di kulit wajah, sisa-sisa kulit mati dan bekas make up yang tidak bersih, menjadi pemicu komedo muncul. Banyak orang tidak menyadari, bahwa ketika membersihkan wajah, haruslah benar-benar tuntas, agar komedo tidak muncul.

Ada dua jenis komedo, yaitu Blackhead (komedo terbuka) dan Whitehead (komedo tertutup).

  • Blackhead : (komedo terbuka) adalah komedo yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan berwarna hitam. Warna hitam ini muncul karena adanya oksidasi pada udara.
  • Whitehead : (komedo tertutup) adalah komedo yang berwarna putih, yang berada di bawah lapisan kulit ari yang tersumbat kotoran dan lemak. Komedo ini akan tampak seperti benjolan kecil-kecil di bawah kulit.



Penguapan dan masker alami membasmi komedo

Cara penguapan, biasanya digunakan untuk membuka pori-pori wajah dan juga melancarkan aliran darah ke wajah. Gunakan air panas dan satu sendok teh garam, lalu uapkan di wajah selama 10-15 menit. Setelah pengupan ini kulit akan terasa segar. Proses berikutnya baru diberikan masker yang dibuat dari sayur atau buah-buahan alami.
Manfaat daun kemangi bisa dijadikan Masker Alami sebagai alternatif. Karena di dalam daun kemangi banyak sekali zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Disamping mengandung banyak mineral yang baik untuk keseimbangan tubuh, kemangi juga mengandung zat yang berkhasiat sebagai antibiotik alami, yang mencegah infeksi dan peradangan. Di dunia kecantikan ini, kemangi dimanfaatkan untuk menghaluskan kulit dan wajah, salah satunya dipergunakan untuk masker.

Terapi

Tumbuk beberapa helai daun kemangi, lalu oleskan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin hingga bersih. Menggunakan masker alami daun kemangi secara teratur, dilangsir dapat membantu mengangkat komedo yang ada di kulit wajah, dan menjadikan kulit wajah lebih bersih dan sehat

No comments:

Post a Comment