Monday, June 10, 2013

Bagian Tubuh Yang Harus Di Jaga Agar Tidak Terserang Hipertensi




Berikut adalah empat bagian tubuh manusia yang sangat berpengaruh terhadap tekanan darah seperti yang dilansir majalah BestHealth :

1. Jantung

Tekanan darah saat Anda berolahraga sifatnya normal dan sehat. Tetapi jika Anda dalam keadaan stres terus menerus, akan membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya sehingga dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Akibatnya tekanan darah akan naik dan mengalir lebih cepat ke seluruh tubuh dan dapat merusak arteri.

2. Arteri

Arteri adalah pembuluh darah yang membawa aliran darah ke jantung dan bersifat elastis karena dilapisi otot polos yang dapat melebar ketika dilewati oleh aliran darah. Walaupun memiliki sifat elastis, arteri dapat rusak jika aliran darah mengalir terlalu cepat. Jika arteri Anda tersumbat oleh plak yang menumpuk akibat dari kebiasaan merokok atau konsumsi makanan berlemak maka dapat membuat arteri semakin sempit sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

3. Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai penyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Semakin banyak kadar air dalam darah, berarti semakin banyak pula cairan yang akan melewati pembuluh darah sehingga berpengaruh terhadap turun dan naiknya tekanan darah pada tubuh.

4. Hormon

Kadar hormon stres yang meningkat dalam tubuh dapat membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga memompa darah lebih banyak melalui arteri. Hormon jenis lain juga berpengaruh terhadap tekanan darah.

Anda harus rutin mengontrol dan menjaga kesehatan keempat organ tubuh tersebut karena ternyata berpengaruh sekali terhadap tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jadi terapkanlah gaya hidup yang sehat dengan berolahraga dan berdiet yang sehat.

No comments:

Post a Comment