Sunday, June 9, 2013

Fisik Dan Mental Yang Sehat


Tak dapat disangkal bahwa orang-orang yang menjalani hidup dengan sehat, selain menjalankan pola makan dan diet sehat, mereka juga teratur melakukan aktivitas fisik . Namun gaya hidup sehat tak hanya mencakup pola makan yang sehat, olahraga dan tidur yang cukup. Sehat secara emosional pun akan berpengaruh besar pada kesehatan Anda.

Cermat Dengan Hidup Sehat

Gaya hidup sehat sangat bermanfaat bagi Anda baik secara fisik maupun emosional. Ingatlah, dengan melakukan gaya hidup sehat, Anda juga dapat memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Individu yang sehat secara emosional cenderung memiliki kontrol emosi dan perilaku yang lebih baik. Dengan memiliki kesehatan mental yang baik bukan berarti masalah mental Anda langsung berkurang. Hal yang penting untuk Anda lakukan adalah melawan stres, depresi dan menyingkirkan masalah psikologis sebagai kunci untuk mengatasinya.

Orang yang sehat secara emosional cenderung lebih menikmati hidup dan lebih produktif dalam bekerja. Sedangkan, orang yang kontrol emosinya lemah seringkali mudah terkena depresi, dirundung rasa cemas dan panik saat menghadapi situasi sulit. Jika Anda memiliki kondisi emosi yang stabil, Anda akan lebih mudah bangkit dari kesulitan dan melakukan perbaikan diri. Ini tentu sangat erat kaitannya dengan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Manfaat Emosi Sehat

Kesehatan emosional berkontribusi bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Emosi yang sehat akan membuat Anda merasa jauh dari stres dan lebih tenang dalam situasi yang panik. Dengan tingkat emosi yang positif, sehat dan kuat Anda akan merasakan memiliki harga diri tinggi dan kepercayaan diri lebih besar. Energi positif ini tentunya juga dapat mempengaruhi orang lain secara positif. Ketika Anda merasa puas dan bahagia, cobalah untuk membagi rasa bahagia itu kepada orang lain. Maka Anda akan mendapatkan perhatian dan penghargaan dari rekan-rekan di sekitar Anda.

Menjaga kesehatan tubuh dengan baik adalah salah satu cara terbaik untuk menuju kehidupan yang sehat. Kesehatan mental dan fisik saling berpengaruh satu sama lainnya. Dengan meningkatkan kesehatan fisik, secara otomatis kesehatan mental Anda juga akan meningkat. Sebagai contoh, olahraga dan fitnes secara teratur tidak hanya akan memperkuat tubuh Anda, tetapi juga akan memacu hormon endorfin, yang berguna untuk meningkatkan mood yang positif.

Untuk memperbaiki kesehatan mental dan fisik, Anda wajib melakukan latihan olahraga secara teratur. Lakukan hal ini dengan sepenuh hati. Manjakan diri Anda dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menimbulkan rasa bahagia dalam diri Anda. Lepaskan diri Anda dari stres!

Keseimbangan antara kesehatan mental dan fisik sangat diperlukan agar Anda dapat lebih tertantang menjalani hidup. Jangan biarkan emosi negatif tertimbun dalam diri Anda! 

No comments:

Post a Comment