Monday, June 3, 2013

Wow, Ternyata Ada Manfaat Dari Rasa Bosan



Perhatikan lagi jika selama ini Anda terlalu candu pada teknologi, termasuk komputer, laptop, gadget dan lainnya. Tidakkan Anda merindukan udara segar atau permainan-permainan fisik? Tidakkah Anda sedikit ingin meluangkan waktu untuk merasa bosan? Berikut 5 alasan mengapa merasa bosan atau setidaknya waktu istirahat untuk pikiran Anda tidak melakukan apa-aoa itu sangat diperlukan:

1. Candu teknologi

Seperti yang sudah disebutkan tadi, hitung kembali berapa jam dalam 24 jam Anda bersentuhan dengan segala teknologi yang sekarang sudah semakin tidak terkendali arusnya, atau apakah Anda mulai merasa cemas ketika Anda tidak sedetik saja menengok ke gadget Anda. Bahkan, ada pula yang merasa ponsel Anda bergetar padahal tidak. Wah, Anda sepertinya sudah masuk ke dalam kategori candu teknologi.

Bayangkan jika Anda bisa merasa bosan atas hal itu dan mulai mengobrol secara nyata dengan orang-orang sekitar Anda. Menghabiskan banyak waktu menggunakan gadget dan teknologi serta media sosial sudah dihubungkan dengan berbagai hal seperti depresi dan kecemasan berlebihan, performa akademik yang tidak baik dan pola tidur yang berantakan. Jadi, jika Anda mempunyai 5 menit atau bahkan satu jam tidak melakukan apa-apa, masukkan ponsel dan gadget Anda ke dalam tas dan nikmati rasa bosan Anda.

2. Kreatifitas

Percayakah Anda bahwa rasa bosan bisa membuat Anda semakin kreatif? Ini bukan berarti Vemale menyarankan Anda untuk selalu merasa bosan ya, Ladies. Mungkin selama ini Anda berpikir bahwa menghabiskan waktu dengan merasa bosan adalah sia-sia, namun Anda belum mencoba melihat waktu yang Anda habiskan dari sisi lain.

Memberikan pikiran Anda sebuah jeda ditengah adiktif Anda pada gadget dipercaya bisa membuat Anda lebih kreatif. Sebuah penelitian dalam bidang ilmu neuro pun juga membuktikan bahwa melamun juga melibatkan proses yang sama yang bisa memberikan Anda imajinasi dan kreatifitas. Jadi, jika Anda sedang mencari imajinasi seperti Spongebob, merasa bosanlah!

3. Hobi dan Minat Baru

Pikirkan semua waktu 'lebih' yang selama ini Anda habiskan untuk berkicau di Twitter atau sekedar berkirim pesan BBM dengan teman yang sebenarnya hanya berjarak beberapa menit dari Anda. Jika diakumulasikan, sebenarnya waktu yang Anda habiskan tersebut bisa menjadi waktu yang Anda manfaatkan untuk mencari hobi dan minat baru. Anda mungkin seorang yang sebenarnya kreatif namun mudah teralihkan.

Sebenarnya ketika Anda merasa bosan, otak mempunyai cukup banyak waktu dan ruang untuk Anda masuki dengan hobi atau kegiatan baru. Namun, jika Anda memilih untuk hanya menghabiskannya di depan gadget Anda, sayang sekali. Akan sangat berguna jika Anda membuat waktu bosan Anda dengan mencoba hal baru lho, Ladies.

4. Memperkuat kewaspadaan

Tidak melakukan apa-apa membuahkan kehati-hatian pada pikiran kita, fokus dan waspada pada apa yang terjadi saaat itu juga. Anda bahkan tidak perlu mengikuti kelas meditasi untuk bisa mendapatkan hal ini. Dilansir dari Huffington Post, sebuah penelitian mengatakan adanya dampak yang signifikan atas merasa bosan yang berkaitan dengan kesadaran atas sesuatu, termasuk tidur yang cukup, kestabilan emosi dan lebih sukses dalam mengurangi berat badan. Wah, yang terakhir cukup menarik ya, Ladies.

5. Meringankan stres

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa teknologi memang dikaitkan erat dengan stres, depresi dan rasa lelah berlebiha. Untuk usia muda dewasa, tentu ini akan menjadi hal yang tidak baik. Coba cabut kabel komputer Anda dan gadget Anda, ambil waktu untuk tidur sejenak dan menghilangkan penat. Ini akan membuat kesehatan Anda menjadi stabil.

Jika selama ini Anda merasa bosan adalah hal yang sia-sia, mungkin Anda harus melihatnya dari sisi yang lain. Merasa bosan juga diperlukan karena ini berdampak baik untuk Anda dan kesehatan Anda, jika Anda memanfaatkannya dengan cara yang benar. Bersentuhan dengan teknologi dan gadget memang tidak bisa disalahkan karena dari hal itu pula kita mendapatkan hal baru, informasi dan pengetahuan dari luar sana. Namun, jika Anda melakukannya secara berlebihan, ini akan membuat Anda candu dan bukankah sesuatu yang berlebihan itu tidak bagus?

No comments:

Post a Comment