Monday, April 29, 2013

Jeruk Atasi Penuaan Dini


Banyak orang sudah mengenal jeruk sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi. Ternyata kadar vitamin C yang tinggi sangat baik dan banyak sekali manfaatnya. Tidak saja hebat dalam menjaga kesehatan jantung. Jeruk dengan kandungan vitamin C yang tinggi juga bagus untuk kebugaran, kesehatan kulit, bahkan membantu dalam menjaga kesehatan mata.

Buah jeruk adalah buah yang dapat tumbuh sepanjang tahun. Buah jeruk adalah buah yang dapat tumbuh kapan saja tanpa mengenal musim. Saat ini tersedia beragam jeruk dipasaran. Jeruk telah menjadi primadona dalam hal buah sumber vitamin C. Masyarakat sangat menyukai jeruk, disamping rasanya yang menyegarkan juga karena tingginya kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Bahkan orang yang tidak menyukai buahpun akan berubah fikiran bila ditawarin buah jeruk.

Dalam buah jeruk ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C saja. Buah dengan rasa menyegarkan dan rasa sedikit asam ini juga kaya akan antioksidan. Kandungan fitonutrien dalam buah jeruk berfungsi sebagai zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan asupan vitamin C yang cukup bagi tubuh, otomatis daya tahan tubuh akan terjaga. Selain itu kesehatan kulit juga akan terawat.

Dengan selalu menjaga asupan vitamin C akan membantu tubuh kita dalam meningkatkan kualitas penyerapan kalsium dan vitamin D. Akan tetapi jeruk juga mampu mengikis gigi karena kandungan asam asetatnya. Dengan adanya zat tersebut, sebaiknya hindari menyikat gigi secara langsung setelah makan buah jeruk. Perlu waktu sekitar 1 sampai 2 jam agar gigi kembali mengeras kembali.

Selain kandungan vitamin dalam buah jeruk, ternyata kulit jeruk juga mempunyai manfaat. Pada kulit jeruk mengandung polymethosxylated flavones ( PMFs ) dan juga d-limonene. Kedua zat tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menjaga keseimbangan gula darah. Buah jeruk juga berperan dalam membentu detoksifikasi racun dalam tubuh.

Dalam banyak menu makanan, sering kita jumpai perpaduannya dengan jeruk. Hal ini dikarenakan jeruk dipercaya mampu meluruhkan lemak. Jadi jangan heran bila banyak makanan berlemak didampingi jeruk. Baik dalam racikan bumbunya ataupun dalam bentuk minuman pendamping. Aroma yang didapat dengan menambah buah jeruk dalam hidangan juga akan lebih menggugah selera. Rasa menjadi lezat, dan kaya akan manfaat.

No comments:

Post a Comment