Monday, April 29, 2013



Manfaat mengkudu untuk kesehatan antara lain :

    Membantu imunitas dan daya tahan tubuh

Immunitas yang baik atau daya tahan tubuh yang maksimal bisa menangkal berbagai serangan penyakit,  membantu tubuh untuk melawan penyakit dan bahkan bisa menyembuhkan, hal ini berdasarkan penelitian Dr. Schechter dari California. Hasil penelitian yang dilakukan terbukti kalau mengkudu bisa membantu tubuh memperbanyak produksi sel yang sangat bermanfaat untuk melawan penyakit, yaitu sel T.

    Menetralisir Tekanan Darah

Bagi yang memiliki tekanan darah yang tinggi (hipertensi) ataupun tekanan darah rendah, maka mengkudu bisa membantu untuk menetralisir kembali tekanan darah sehingga menjadi normal. Tapi ingat, jangan over atau mengkonsumsi buah mengkudu secara berlebihan. Bila tekanan darah sudah normal, sebaiknya hentikan pemakaian mengkudu. Sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik hasilnya bukan ?

Cara yang dilakukan untuk tujuan ini adalah dengan mengambil sari buah mengkudu dan meminumnya secara rutin. Pemompaan darah yang dilakukan oleh jantung bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Dengan meminum sari buah mengkudu, tubuh akan menyerap kandungan alaminya, yaitu scopoletin yang berfungsi melebarkan saluran pembuluh darah, sehingga jantung tidak kesulitan dalam memompa darah.

    Melenyapkan kesakitan yang dialami tubuh

Salah satu manfaat mengkudu yang lain adalah bisa mengatasi kesakitan yang dialami tubuh. Zat analgesic yang dikandung mengkudu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ekstrak sari buah mengkudu. Mungkin anda pernah merasa kesakitan karena sakit gigi, kemudian diberi obat asam mefenamat atau ponstan. Nah, efek yang diberikan buah mengkudu ini sama dengan kedua obat tersebut, yaitu meredakan rasa sakit atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah zat analgetik

    Sebagai anti bakteri

Selain buahnya, akar mengkudu juga mengandung manfaat yang baik bagi kesehatan, yaitu senyawa antraquinon. Senyawa ini bermanfaat melawan dan melenyapkan bakteri shigella dan bakteri staphylococcus yang bisa menyebabkan disentri dan terinfeksinya jantung.

Beberapa hal diatas adalah sebagian dari berbagai manfaat mengkudu untuk kesehatan, sebenarnya manfaat dari buah ini lebih banyak lagi. Gimana? Tertarik untuk mengkonsumsi buah ajaib ini ? Selain mengkonsumsi buah ini secara rutin, guna mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa perbanyak minum air putih dan biasakanlah pola hidup sehat.

No comments:

Post a Comment