Monday, April 29, 2013

Khasiat Bawang



Rasa bawang merah dan baunya yang menyengat terkadang dihindari oleh sebagian orang.  Bawang merah juga dijauhi karena dapat membuat mata pedas sehingga membuat air mata keluar. Air mata dapat keluar karena pengaruh gas bawang merah yang menyengat masuk ke mata. Jadi jangan heran bila melihat orang mengiris bawang merah atau brambang kemudian terlihat menangis.
Manfaat Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

1. Bagus untuk kesehatan jantung. Bawang merah mengandung senyawa kimia yang dinamakan flavonoid quercetin dalam kadar yang tinggi. Berdasarkan beberapa penelitian dengan responden 10.000, orang dengan konsumsi flavonoid tinggi dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Makanan lainnya yang mengandung flavonoid adalah apel, brokoli dan teh. Bawang merah juga diketahui dapat menekan kadar kolesterol jahat dalam darah.

2. Menurunkan resiko kanker. Wah, ternyata bawang merah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan ini bisa menurunkan resiko penyakit kanker. Bawang merah mengandung allyl disulphide yang beraroma tajam dan mempunyai kandungan nutrisi tinggi. Bawang merah juga diketahui mempunyai senyawa yang bisa mengatasi kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Turunkan gula darah. Penyakit dula adalah penyakit dengan kadar insulin rendah. Hal tersebut karena kerusakan pankreas. Dengan mengkonsumsi bawang merah akan dapat meningkatkan level insulin dalam darah yang dapat membantu membersihkan gula darah.

4. Detoksifikasi racun dalam tubuh. Bawang merah mengandung asam amino methionine dan cystine yang dapat membantu membersihkan racun racun dalam tubuh. Kandungan vitamin c dalam bawang merah juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan berbagai serangan penyakit berbahaya.

No comments:

Post a Comment