Thursday, September 12, 2013

Arti Kalori




Kita sudah sangat akrab dengan kata kalori, namun apakah Anda sudah merasa akrab dengan pengertian dari kata tersebut, Ladies? Sebagian besar dari kita mungkin menganggap atau mengartikan kata tersebut sebagai suatu kandungan makanan yang membuat kita semakin gendut sehingga harus dikurangi dengan cara dibakar.

Anggapan tersebut ternyata kurang tepat, Ladies, menurut situs superkidsnutrition.com. Dilansir dari situs tersebut, kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh, Ladies. Energi tersebut kemudian digunakan oleh tubuh untuk membuat terutama organ-organ vital tubuh seperti jantung, otak, hati, serta paru-paru bekerja.

Analogi atau perumpamaan yang bisa dipakai adalah bensin dengan mobil, Ladies, tanpa bensin, mobil tidak akan bisa jalan. Demikian pula dengan tubuh kita jika tanpa kalori, organ-organ di dalamnya tidak akan bisa bekerja. Jika hal tersebut terjadi, apalagi pada organ-organ penting seperti otak atau jantung, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Lalu, seberapa banyak kalori yang kita butuhkan? Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan jumlah minimal yang disebut RMR atau resting metabolic rate yaitu sekitar 1000 sampai 1400 kalori per hari. Namun jumlah ini adalah jumlah paling sedikit, Ladies, dan Anda masih membutuhkan sekitar 400-600 lagi untuk bisa bergerak dan beraktivitas lebih.

Jumlah kalori yang dibutuhkan setiap berbeda-beda, Ladies. Hal tersebut dipengaruhi oleh umur, jenis kelamin, berat badan serta massa otot masing-masing individu. Untuk anak-anak, kalori yang dibutuhkan sangat bergantung dengan usia mereka. Untuk informasi lebih lanjut tentang kebutuhan kalori Anda, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet, Ladies.

No comments:

Post a Comment