Saturday, September 14, 2013

Menjaga Kuku Tetap Sehat



Kuku adalah salah satu bagian penting ujung jari baik kaki maupun tangan. Kuku memiliki fungsi sebagai pelindung ujung jari yang lembut dan penuh dengan urat saraf. Bagi sebagaian orang kuku memang sengaja dipelihara dan dirawat untuk menambah kesan cantik. Namun apa jadinya jika kuku tidak dirawat dengan baik? Tentunya hal itu akan membuat kuku tidak sehat.

Beberapa wanita memang lebih sering dan aktif soal merawat kuku dibanding pria. Kebiasaan merawat kuku dengan baik dan benar tentunya juga dapat sebagai tolak ukur atau menilai karakter seseorang. Seorang wanita yang rajin dan disiplin tentunya pasti memiliki kuku yang cantik dan sehat. Namun ada juga beberapa kebiasaan wanita yang kurang begitu baik untuk kesehatan kuku yaitu memoleskan cat kuku, menggigit kuku atau mengelupas kulit yang mengganggu.

Perawatan kuku sebenarnya tidak ada yang sulit bahkan sangat mudah untuk dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke salon yang banyak menguras kantong anda. Jika anda benar-benar merawat kuku anda dengan baik dan benar tentunya anda juga akan mendapatkan penampilan cantik serta kuku anda lebih sehat.

Beberapa panduan dibawah ini menunjukan bahwa anda dapat merawat kuku anda agar tetap sehat dan cantik dengan bahan-bahan alami. Berikut adalah cara alami merawat kuku:

1. Blimbing Wuluh

Buah yang memiliki rasa asam ini dapat anda gunakan untuk membersihkan sela-sela kuku dengan cara menggosokan pada kuku kemudian dibilas dengan air bersih.

2. Banyak Konsumsi Air Putih

Air putih sangat membantu proses pencernaan dalam tubuh anda, oleh karena itu perbanyak konsumsi air putih untuk memperindah dan menguatkan kuku.

3. Perbanyak Makanan Mengandung Kalsium

Seperti kita ketahui kuku merupakan bagian dari tulang. Oleh karena itu zat kalsium sangat penting bagi kesehatan kuku anda. Perbanyak makan-makanan yang mengandung kalsium seperti susu serta beberapa sayuran seperti kacang-kacangan, biji-bijian, brokoli, kangkung dan sebagainya.

4. Lidah Buaya

Untuk merawat kuku dengan lidah buaya caranya sama dengan blimbing wuluh, oleskan lidah buaya secara merata pada seluruh kuku serta sela-sela kuku anda kemudian bilas dengan air bersih.

5. Getah Pepaya

Untuk menjaga agar kuku sehat dan tidak pecah-pecah anda dapat mengoleskannya dengan getah pepaya. Lakukan pengolesan getah pepaya hanya pada bagian luar kuku saja.

6. Jeruk Nipis

Anda memiliki kuku yang berwarna kuning dan terlihat kurang sehat? anda dapat merawatnya dengan cara berikut ini: ambilan perasan jeruk nipis dan campurkan pada pasta gigi secukupnya. Kemudian campuran jeruk nipis dan pasta gigi tersebut secara merata kemudia bilas dengan air hangat bersih.

7. Bawang Putih

Cara tradisional lain yang sering dilakukan oleh orang tua kita adalah dengan menggunakan bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini memiliki kandungan zat yang berguna bagi kesehatan kuku. Gosokan bawang putih pada kuku anda secara merata untuk menjadikan kuku anda semakin kuat dan sehat.

No comments:

Post a Comment