Thursday, September 12, 2013

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan


Banyak orang tahu bahwa olahraga baik untuk kesehatan tubuh, Anda mungkin melakukan olahraga untuk tujuan menurunkan berat badan, membentuk tubuh dan kesehatan. Tapi tahukah Anda bahwa olahraga juga baik bagi kesehatan kulit?



Dengan berolahraga aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan tubuh termasuk ke kulit. Manfaatnya untuk kulit yaitu peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Selain itu, pembuangan sisa metabolisme dan toksin termasuk juga radikal bebas dari sel-sel kulit menjadi lebih baik. Olahraga juga dapat mengurangi stress sehingga beberapa penyakit kulit yang berhubungan dengan stress seperti jerawat dan dermatitis (eksim) akan mengalami perbaikan karenanya.



1. Menutrisi Kulit

Latihan aerobik seperti joging meningkatkan denyut jantung yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah dan mengantarkan lebih banyak nutrisi ke sel-sel kulit. Hasilnya? Kulit tampak lebih muda dan sehat. Tak heran, The American College of Sports Medicine merekomendasikan agar setiap orang melakukan olahraga selama 30 menit dengan intensitas sedang 5 hari seminggu.



2. Mengurangi Jerawat

Masalah pekerjaan, keluarga, dan kewajiban lainnya dapat berdampak negatif bagi kulit, khususnya dalam bentuk jerawat. Stres memang dikaitkan dengan produksi kelenjar minyak pada kulit yang merupakan salah satu faktor penting untuk timbulnya jerawat, sehingga hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tetap berusaha untuk rileks. Dengan berolahraga tidak hanya dapat mengalihkan perhatian Anda dari permasalahan yang ada, tetapi juga meningkatkan produksi endorfin, yang merupakan senyawa kimia di otak untuk relaksasi jiwa.



3. Mengencangkan Kulit

Olahraga dengan tujuan menurunkan berat badan mungkin akan membuat kulit terlihat lebih kendur. Untuk mengencangkannya kembali Anda perlu melakukan latihan beban yang berguna membangun otot sehingga meminimalkan efek kendur. Perkembangan otot yang maksimal membuat kulit Anda senantiasa kencang dan terlihat lebih muda.



4. Merangsang Pembentukan Kolagen

Kolagen bertanggung jawab dalam menjaga elastisitas dan kekuatan kulit Anda. Sayangnya, kolagen tidak merespon dengan baik seiring bertambahnya usia, sehingga mendorong timbulnya keriput dan kulit kendur. Dengan melakukan olahraga secara teratur Anda dapat meningkatkan produksi kolagen.

No comments:

Post a Comment