Saturday, September 14, 2013

Menjaga Kelembaban Kulit



Kelembaban kulit merupakan salah satu indikator kesehatan kulit seseorang. Kulit yang memiliki tingkat kelembaban yang bagus biasanya akan tampak lebih cerah dan segar. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kelembaban seseorang.

Faktor yang mempengaruhi tingkat kelembaban tersebut antara lain paparan sinar matahari, pendingin ruangan, usia, sampai makanan yang kita konsumsi. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga tingkat kelembaban kulit.

1. Minum Banyak Air Putih

Salah satu faktor internal yang mempengaruhi tingkat kelembaban kulit kita adalah air. Komposisi terbesar dalam tubuh kita adalah air. Apabila tubuh kita kekurangan air maka kulit kita akan terkena dampaknya yaitu menjadi kering.

Itulah salah satu sebabnya mengapa kita sering disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Air yang cukup akan dibawa melalui pembuluh darah ke lapisan atas kulit sehingga menjaga kelembaban kulit.� Air juga akan membantu dalam proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal itu juga akan mempengaruhi kesehatan kulit.

2. Jangan Terlalu Lama Di Ruangan Ber-AC

Usahakan untuk tidak berada di ruangan AC terlalu lama, sebab AC atau pendingin ruangan dapat menyerap kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering. Apabila anda memang bekerja di ruangan ber-AC, gunakanlah pelembab lebih sering dan usahakan untuk keluar setiap beberapa jam sekali.

3. Gunakan Pelembab

Pelembab merupakan kosmetik yang dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kelembaban pada kulit. Kandungan yang ada di dalamnya memberikan kelembaban melalui permukaan kulit hingga ke bagian dalam kulit.

4. Jangan Lupa Memakai Sunblock 

Salah satu penyebab terjadinya dehidrasi atau kekeringan kulit adalah paparan matahari. Salah satu cara untuk menghindari terjadinya dehidrasi kulit adalah dengan menggunakan sunblock pada kulitmu. Gunakanlah sunblock yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan kulit tropis agar hasil yang didapatkan menjadi maksimal.

Kulit kering bukanlah permasalahan yang sepele, bila dibiarkan hal ini juga bisa memberikan dampak yang lebih buruk lagi. Maka, mulailah menjaga kelembaban kulitmu.

No comments:

Post a Comment