Wednesday, September 11, 2013

Pentingnya Zat Besi Saat Diet




Ketika sedang diet, kita cenderung akan mengesampingkan (atau bahkan melupakan) asupan zat besi kita, karena terlalu fokus pada protein, karbohidrat, lemak, atau serat. Iya kan?

Zat besi adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan tubuh yang justru berguna untuk penurunan berat badan, terutama bagi para wanita. Kok bisa?

Seperti dikutip dari webmd.com, Zat besi adalah komponen penting penyusun hemoglobin, yang berperan sebagai pembawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. Apabila tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, tubuh Anda akan kekurangan oksigen, akibatnya Anda akan menjadi lemas dan cepat lelah. Nah, kalau Anda cepat lelah, bagaimana Anda akan berolahraga untuk membantu program diet Anda?

Selain itu, zat besi juga berguna dalam proses pembakaran lemak dan kalori. Karenanya, apabila tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa secara efektif membakar lemak, hanya berat otot dan organ yang terkurangi. So, jika Anda ingin mendapat tubuh yang proporsional, konsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Asupan zat besi bisa Anda dapat melalui daging merah, namun apabila Anda vegetarian, zat besi juga bisa Anda dapat dari rosemary, kacang merah, wijen, hazelnut, kacang mede, paprika, bayam, dsb.

Tapi, terlalu banyak zat besi juga tidak akan membantu Anda untuk membakar lemak lebih cepat. So, penuhi asupan zat besi Anda sesuai kebutuhan Anda saja, yakni 18 mg per hari bagi wanita usia 19 sampai 50 tahun. Jumlah zat besi yang dibutuhkan wanita cukup banyak karena mereka juga akan kehilangan cukup banyak setiap menstruasi.

No comments:

Post a Comment