Friday, September 6, 2013

Makan Dengan Garpu Besar Bisa Bikin Kurus?




Diet dengan menjaga pola makan memang sangat susah ya. Apalagi jika kita harus mengurangi porsi atau mengganti jenis makanan yang biasa kita makan. Tapi ternyata hal ini dapat dengan mudah diakali loh.

Seperti yang dilansir dalam situs cracked.com, makan sebenarnya dikendalikan oleh otak. Otak manusia adalah alat yang sangat komplek. Seperti computer dibajak oleh para hacker, otak juga bisa dikacaukan dengan berbagai trik loh.

Salah satu trik yang dipakai untuk memperdaya otak agar Anda tidak banyak makan adalah dengan memakai garpu atau sendok berukuran besar saat makan. Menggunakan garpu atau sendok yang besar membuat Anda akan makan lebih sedikit dari biasanya.

Di salah satu penelitian, peneliti mengamati sebuah restoran dalam beberapa hari. Mereka memberi beberapa pelanggan ukuran garpu yang berbeda. Separuh dari pelanggan diberi 20% makanan yang lebih banyak dari ukuran normal, dan separuhnya diberi 20% lebih sedikit.

Hasilnya, pelanggan yang diberi ukuran garpu lebih besar akan makan lebih sedikit makanan di piringnya daripada mereka yang menggunakan garpu ukuran normal.

Hali ini bisa terjadi karena penglihatan memiliki peranan yang besar dalam kebiasaan makan. Kita akan bergantung pada visualisasi makanan dan alat makan untuk memandu kita saat makan.

Menggunakan garpu yang besar akan menstimulasi otak bahwasanya sudah banyak makanan yang dimakan, sehingga kita akan cenderung cepat kenyang dan sedikit makan.

No comments:

Post a Comment