Saturday, September 21, 2013

Tips Memilih Perhiasan Emas


Ketika akan membeli perhiasan emas di sebuah toko perhiasan, calon pembeli harus berhati-hati supaya mendapatkan perhiasan emas yang benar-benar terjamin. Sebaiknya dari awal pilihlah toko perhiasan yang benar-benar terkenal dan terjamin menjual emas asli. Biasanya toko perhiasan tersebut memiliki sertifikat ijin yang dipajang di tokonya. Salah-salah memilih toko bisa membuat pembeli menjadi rugi. Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengetahui dulu kisaran harga emas perhiasan. Dengan mengetahui harga emas saat ini, pembeli akan tehindar dari toko perhiasan yang nakal.

Harga emas perhiasan tidak sama dengan harga emas batangan atau koin. Dengan gram yang sama, harga emas perhiasan lebih mahal karena memiliki tambahan biaya pembuatan per gramnya. Pembeli sebaiknya menanyakan juga biaya pembuatan perhiasan emas tersebut. Biasanya semakin rumit dan halus perhiasan tersebut, harganya makin mahal.

Carilah perhiasan emas yang sesuai dengan selera pembeli supaya awet digunakan sebagai hiasan. Karena bagaimanapun biasanya harga emas perhiasan akan turun saat dijual dibandingkan menjual emas investasi. Perhatikan karatnya berapa. Karat menunjukkan persentase emas yang ada di dalam perhiasan. Sebaiknya pilih perhiasan emas dengan karat 24 atau minimal 18. Di bawah karat ini, perhiasan emas bisa sangat jatuh saat dijual apalagi jika dijual di toko lain. Tentunya membeli perhiasan emas juga menginginkan suatu saat jika emas tersebut dijual tetap bernilai tinggi.

Setelah mendapatkan perhiasan emas yang sesuai dengan selera, maka pembeli sebaiknya melihat saat perhiasan ditimbang oleh toko perhiasan. Mintalah toko perhiasan melepaskan kertas yang menempel di perhiasan emas karena bisa membuat pembeli menghemat hingga 40 ribu rupiah. Nilai yang tertera di timbangan inilah yang menjadi dasar harga emas perhiasan tersebut dalam satuan gram. Pastikan gramnya tercatat dengan benar di kuitansi atau nota pembelian ditambah biaya pembuatannya. Ingat pula di dalam nota pembelian harus tertera nama toko perhiasan tersebut dengan jelas. Dengan memiliki nota pembelian maka akan lebih mudah bagi pembeli jika suatu saat hendak menjual kembali perhiasan emasnya.

Ada tambahan tips bagi pembeli yang benar-benar berhati-hati. Setelah membeli perhiasan emas, pembeli bisa mengetes sendiri keasliannya. Hal ini bisa dilakukan di kantor pegadaian atau di toko perhiasan yang lainnya. Semakin cepat pembeli mengetahui keaslian perhiasan tersebut maka jika ditemukan hal yang janggal misalnya kadar perhiasan tidak sesuai maka bisa cepat dikomplain

No comments:

Post a Comment